Rabu, 07 Januari 2009

Tips Sukses Berdagang Sembako

Dalam dunia persilatan dikenal istilah sakti dan ampuh dan begitulah dengan dunia perdagangan, banyak orang dianggap sebagai dedengkot perdagangan dan juga disebut dengan kata Pedagang Sukses. Apa yang membuat mereka sakti, ampuh, sukses? hmm...cukup simpel memang jawabannya...BELAJAR, BERLATIH, BERSABAR, BERPIKIR, BERDOA. Adapun dengan adanya keempat pilar tersebut, maka kita akan semakin terdorong untuk maju dengan sendirinya. Kenapa? dalam pilar tersebut, kita akan dilatih untuk berjalan di lingkungan "horisontal" dan lingkungan "vertikal".

BELAJAR
Kehidupan ini penuh dengan ilmu-ilmu yang banyak dan dapat membantu setiap manusia dalam berjalan dimuka bumi ini. Untuk menjadi pintar, maka orang perlu untuk belajar. Sebab dengan kepintaran yang dimiliki maka orang akan dapat bertahan dan membuat sukses kehidupannya. Dalam belajar, kita harus bersungguh-sungguh dan serius agar mencapai hasil yang baik. Adapun untuk berdagang sembako, maka kita perlu melakukan beberapa hal dalam belajar diantaranya adalah :

1. Belajar dari orang yang sudah berpengalaman dibidangnya.
Belajarlah kepada orang-orang yang sudah berkecimpung dan berpengalaman dibidangnya merupakan salah satu cara instan dan cepat untuk sukses berdagang sembako, mengapa? sebab dengan belajar kepada orang yang telah berada di dalam bisnis perdagangan sembako
Berkunjunglah kepada orang-orang yang telah berpengalaman sebab menyerap pengalaman adalah cara mudah untuk bisa menyamai mereka bahkan meningkatkan kemampuan diatas mereka. Misal : pedagang pasar, pedagang kelontong, toko grosir dll).

2. Belajar dari literatur yang tepat
Literatur ini mengandung pengertian suatu sumber informasi statis misalnya Buku, Internet, Ebook dll. Mungkin cara ini cukup menyebalkan bagi beberapa orang yang malas membaca, akan tetapi jangan salah lho...literatur merupakan panduan yang tidak pernah protes dan akan selalu memberikan ilmu tanpa menyembunyikan sesuatu pun...yah minimal sebatas yang ada di tulisan itu. Jadi mulailah "searching" dan"Hunting" literatur baik online maupun offline yang dirasa perlu mengenai bisnis ini.

BERLATIH
Untuk menjadi yang expert, perlu latihan. Kita tahu kan pemain bulu tangkis? kalau yang banyak berlatih maka dia akan memahami pola pukulan dan pola menyerang yang baik. Coba bandingkan antar orang yang sering berlatih bulu tangkis dengan orang yang kurang berlatih, apa hasilnya? rata-rata orang yang banyak berlatih lebih terampil dalam bermain dan hampir pasti akan menang dalam pertandingan dengan orang yang jarang berlatih. Jadi berlatihlah dengan baik...mulailah membuka PASAR, TOKO, GUDANG. Eit..!!!Jangan salah!!!kalau kita belum mempunyai cukup modal untuk bisa membuat suatu toko sembako, maka kita harus membina hubungan dengan toko yang sudah eksis dan mau memberikan sedikit discountnya pada kita. Yang palig utama adalah Membuka Pasar!!! (lihat posting : Tips membuka pasar)

BERSABAR
Persaingan sangatlah ketat sementara margin untuk barang dagangan sembako sangat fluktuatif dan dipengaruhi berbagai macam faktor. Maka kesabaran dalam melihat persaingan yang ketat sangat diperlukan adanya kesabaran. Menurut beberapa pakar, hanya sedikit orang yang dapat sabar mengarungi problematika usaha sehingga banyak yang berhenti sebelum tercapai tujuan usahanya. Mantapkan pikiran Anda dan bersabarlah !!!

BERPIKIR
Dalam menjalankan usaha, kita harus mempunyai pikiran untuk maju sehingga banyak tercipta ide-ide baru dan bisa membuat suatu strategi pemasaran yang baru dan ujung-ujungnya adalah peningkatan penjualan. Pikirkan strategi dengan baik dan cermat. SALAH MEMIKIRKAN SAMA DENGAN SALAH MERENCANAKAN DAN SALAH MERENCANAKAN ADALAH PINTU KEGAGALAN.

BERDOA
Dalam menjalankan usaha, semua hal harus kita upayakan dan optimiisme harus tetap menjadi panglima. Akan tetapi selain tiu, ingatlah bahwa setiap usaha hanya bisa berhasil apabila Alloh SWT mengabulkannya. SETELAH KITA BERUSAHA, "LEMPARKAN KE ATAS !!!" karena hasil bukanlah urusan kita akan tetapi keputusan dan urusan Alloh SWT.

Tips ini berguna? dilahkan add link ke situs ini : http://toko-beras.blogspot.com

Tidak ada komentar: